Tuesday, November 20, 2007

Profil Ringkas YICM

Profil Ringkas Yayasan Insan Cita Madani (YICM)

Yayasan Insan Cita Madani didirikan oleh beberapa komponen masyarakat dengan berbagai macam profesi yang terdiri dari sejumlah kalangan baik pemerhati sosial masyarakat serta akademisi dan praktisi. Yayasan ini lahir dari keprihatinan yang mendalam akan krisis yang menimpa Masyarakat Aceh dan keinginan untuk menyumbang potensi yang dimilikinya bagi pembangunan kembali masyarakat Aceh. Secara resmi Yayasan Insan Cita Madani dicatatkan pada Notaris Marzuki, SH tanggal 15 Januari 2003 dan didaftarkan pada Pengadilan Negeri Banda Aceh tanggal 18 Januari 2003, juga telah tercatat pada Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan Nomor Inventarisasi : 14 (empat belas) Tahun 2004. Yayasan Insan Cita Madani (ICM) bersifat nirlaba, non partisan serta memiliki komitmen untuk ikut serta sebagai kelompok masyarakat yang ingin mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat madani yang demokratis, makmur dan berkeadilan.

YICM memiliki visi yang ringkas, namun merupakan inti dari keberadaan YICM dalam mencapai harapan dan cita-citanya guna membantu mewujudkan tatanan sosial yang berdasarkan prinsip masyarakat madani di Aceh.

Visi YICM
Terwujudnya tatanan ekonomi, politik, dan hukum yang madani di Aceh.


Atau bila diringkas sebagai motto, maka visi YICM adalah:
”Madani, Pasti!”


YICM meyakini bahwa dengan berorientasi pada nilai-nilai Ketuhanan, kemanusiaan, perdamaian, demokrasi, dan keadilan, maka aktivitas YICM akan dapat mendorong terciptanya tatanan sosial yang madani di Provinsi Aceh.

Dalam menjalankan misinya, YICM memiliki ciri-ciri yang unik yaitu :
1. YICM merupakan Organisasi Masyarakat Sipil yang konsisten melaksanakan advokasi, riset, dan studi kritis terhadap penerapan syariat Islam di Aceh.
2. YICM merupakan Organisasi Masyarakat Sipil yang konsern melakukan pengorganisasian masyarakat untuk memaksimalkan partisipasi publik dalam setiap penyusunan qanun-qanun di Aceh.
3. YICM merupakan Organisasi Masyarakat Sipil yang melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat rentan di Aceh.

Atau jika ingin diringkas, maka “Misi” YICM dalam lima tahun ke depan adalah sebagai berikut:

1. Adanya studi-studi kritis terhadap penerapan Syariat Islam di Aceh.
2. Adanya penerapan Syariat Islam yang tidak elitis dan non diskriminatif di Aceh.
3. Adanya qanun-qanun yang partisipatip di Aceh.
4. Peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan di Aceh
5. Penciptaan isu-isu strategis tentang konsep masyarakat madani di Aceh.

No comments: